Month: May 2009

Medical Geology: in short

Medical Geology is relatively new science. Actually, this subject is integrated many discipline which encourage in relationship between mineral on earth and health impact both human and animal.

Geology which study rocks and minerals construct the earth, process and its dynamic is a good information to obtain which sort of minerals probably harmful and in contrast makes benefit for life.

Since 1931 these studies have been developed. A lot of cases are identified for example the pandemics of certain diseases which caused by minerals contaminations. In fact, all of things in nature always make balance than if some of them are unstable the system will change.

Contamination of dangerous mineral such as heavy minerals (Cu,Pb,and Mercury) has effected human health lately. For those who live and high contamination water should be aware for their health. These heavy minerals come from waste industry or local mining then flow through the stream.

Once they contact with the animal,water, and plants, it undirectly comes to the ecosystem chain. Then, human as a consumer have the worsen effect of this phenomena.

However, not all those mineral mention on it are harmful for human health. In proportional dosage the minerals such as Fe,Zn, and other alkaline minerals are critical for our health. In detail example, Iodine in certain dosage could kill the bad micro-organism. Hence, it is used to clear the water for human consumption. The elements such as Fe, Zn and Sulphur, Phosphor can make our bone stronger. Osteoporosis is one kind of health problem related to the less consumption of those minerals.

In summary, medical geology is the good collaboration on science to address the management of human and animal health in terms of earth’s minerals to the future challenging both in research science and human health. **afitchan17/08/07**

Mengenal Lebih Jauh Citra Radar Resolusi Tinggi:TerraSAR X

Overview

Satellite radar keluaran Jerman dengan menggunakan gelombang X. TerraSAR X adalah citra radar pertama resolusi tinggi dengan ketelitian 1 meter. Citra ini adalah hasil kerjasama berupa PPP (Public Private Partnership) di Jerman antara The German Aerospace Centre (DLR) dengan Europe’s leading satellite system specialist Astrium (GmbH).

Produk TerraSAR X

  1. Spotlight (resolusi sampai 1 m, dengan luas areas 10km x 5km)
  2. StripMap (resolusi sampai dengan 3m, dengan luas 30km x sampai dengan 1500 km)
  3. ScanSAR (resolusi sampai 16 m, dengan luas area 100km x sampai dengan 1500km)

terra SAR X product

The Three main TerraSAR X products

Adapun produk jenis Polarisasi radar ini adalah kombinasi antara gelombang HH/VV, HH/HV atau VV/HV. Para pengguna tinggal memilih tipe polarisasi jenis apa dengan proyeksi geometric yang berbeda.

Aplikasi dan Pemanfaatannya

Pemanfaatan citra radar resolusi tinggi ini sangat baik untuk melihat objek secara detail. Beberapa pemfaatan ini diantaranya dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian, kehutanan, pertambangan serta oil dan gas industries.

Spotlight image adalah citra radar resolusi tinggi dan sangat cocok untuk aplikasi pemantauan dalam infrastuktur yang detail seperti lapangan udara, pelabuhan, ataupun untuk aplikasi dalam bidang kemiliteran untuk mendeteksi dimana tank-tank militer berada :D. Untuk masalah harga, image ini yang paling mahal. So, piker – piker dulu kalo mau beli, kecuali budget military anda mencukupi untuk data yang satu ini.

StripMAP adalah produk kedua TerraSAR X ini, dengan resolusi sampe dengan 3 meter dan dual polarisasi radar technology (HH-HV) akan menghasilkan citra DSM (Digital Surface Model) yang menjadi cikal bakal pembuatan DEM (Digital Elevation Model). Generate kontur dari DEM akan menjadi lebih mudah. Aplikasi yang sangat dianjurkan dari citra ini adalah dalam pemetaan topografi, infrastruktur, pemetaan geologi, pengklasifikasian lahan dan analisis resiko bencana.DSM border

DSM generate from StripMap Indonesia-Malaysia border (Borneo Island)

ScanSAR adalah produk terakhir dari TerraSAR X dengan resolusi 16 m dengan coverange area yang besar (100x150km). Selain harganya yang murah dibanding dua produk lainnya, citra ini juga sangat relevan sebagai quick look pengamatan suatu area dengan cepat dan jangkauan yang luas. Interpretasi informasi geologi seperti penarikan struktur geologi, penarikan batas lithology dan juga analisis gerakan masa tanah masih cukup terlihat dari resolusi 16 meter.

Pasaman StripMap

StipMap image daerah Pasaman Sumatera Barat, overlay with geology Map scale 1:250,000

Sebagai tambahan, untuk analisis informasi geologi. Penafsiran citra radar lebih baik disertakan citra optil (multospectral) dalam visual interpretasinya dan untuk mempetajam relief bisa di fusi dengan DSM.

(written by:fagustin/0509)

Info lebih jauh bisa dilihat di:http://www.infoterra-global.com/

Book Reviewer

Profesi baru ini bakalan daku jalanin at least untuk periode tahun 2009. Nah lo..Ceritanya, daku yang enggak banget doyan nulis dipaksa untuk mereview buku di salah satu Majalah lokal terbitan Badan Geologi Bandung. Tugasnya adalah mereview buku dan merekomendasikan isinya kepada para pembaca. Buku Geologi??
Huhu..yang pasti banyakan in english la yaw..Tapi, ga pa pa lah, itung2 me-maintaince englishku yang agak balelol lagi setelah bersemayam di Bandung selama 2 bulan terakhir sejak kedatanganku dari Perth 11 Maret lalu.
Kalo lagi gini, aku kangen Jibi just want talk in english with him hehee..

Seri pertama book review bakalan terbit akhir Bulan Mei ini. Dan, postingannya daku add di blog ini. Sepertinya redaksi sudah meng-edit dan kayaknya mereka senang. Nah..tambah bersemangat nih..kayaknya ada jalan untuk menjadi seorang writter geologist.

I wanna keep my spirit up here all the time. Please God, help me to fine the way !!

Nah, my plan for next is wanna review the book about “Krakatoa”. Aku lupa judul lengkapnya dan siapa penerbitnya. Yang pasti buku itu sekarang sedang berada di deretan rak buku di Perpustakaan Beranda Buku. Kayaknya mesti baca lagi.

Bocoran aja ya. buku itu berkisah tentang huru-hara pada saat meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam. Seorang pencerita jurnalist yang juga sebelumnya adalah seorang geologist ( love it ! ) menuturkan kronologi dengan detail dikaitkan dengan sejarah Kolonial Belanda pada saat itu. ( to be continue…).

Cerita lengkapnya, tunggu review buku selanjutnya !! :p
Or kalau lama nunggu, tanya Mbah Google ya..by searching word : Krakatoa volcanic eruption..it is more than 48,900 sites found !! Bravo Google !..

Weekend reading list: Menjadi muslim padat karya

Buku karya dari Fachmy Casofa ini seperti kebanyakan buku – buku motivasi lainnya. Buku terbitan dari gazzamedia, dengan Judul aslinya: Muslim Padat Karya:Satu Jiwa Sejuta Karya.

Bacaan yang berusaha mengajak kita umat muslim untuk menyibukkan diri dengan karya – karya yang bermanfaat bagi umat manusia dengan bercermin kepada para pendahulu kita seperti para ulama, salafus sholihin serta beberapa tokoh dunia yang sukses dengan karirnya baik dibidang politik, bisnis, maupun berbagai penemuan yang termasyur sepanjang masa.

muslim sejuta karyaDengan harga 20rb ( kebetulan saya mendapatkannya sedang diskon di Pameran Buku Islam, Braga Bandung), anda dapat menikmati penggalan kisah sukses para tokoh yang membuat kita termotivasi untuk mengikuti jejak mereka. Hanya dalam 2 jam non-stop buku setebal 170 halaman ini bisa dilahap dengan tenang sambil menikmati secangkir kopi pahit di Sabtu siang yang mendung di kota Kembangi. Hmmm…nikmaat.

Lumayan, dikala membacanya, saya bisa dapat inspirasi bahwa kita tidak dianjurkan untuk menjadi sang follower, jadilah sang kreator dengan membuahkan karya semasa hidup kita. Penulis memotivasi pembaca dengan dibeberkannya beberapa kisah tengang orang – orang yang selalu menyibukkan masa hidupnya dengan berkarya yang bermanfaat bagi semesta.

Karya tidak melulu dalam menulis kan sebuah buku walaupun itu yang dianjurkan. Berkarya yang bermanfaat bisa dalam bentuk mengkader orang – orang dengan untuk berusaha menjadi yang lebih baik dengan menanamkan nilai – nilai islam universal di dalamnya. Sebagai contoh yang fenomenal adalah Hasan Al-Bana. Begitu penulis berujar.

Nah, penulis juga dalam cuplikan bab ke-2 nya membeberkan beberapa kiat buat kita untuk selalu menjaga semangat dan motivasi kita untuk selalu berkarya bagi kemaslahatan umat, kemakmuran dunia dan kenikmatan akhirat dengan senantiasa menanamkan nilai seperti menjaga agar mimpi itu tetap dalam pikiran kita, merealisasikan mimpi kita sekarang, membuat perencanaan prioritas, berusaha terus menerus meski gagal selalu menerpa kita, menganalisis segala bentuk kegagalan dan berusaha memperbaikinya untuk usaha yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang,selalu tahan mental terhadap berbagai celaan dan makian pada saat mulai berkarya dan masih banyak lagi.

Bahasa yang ringan dan banyak menggunakan kata ”okem” (baca:slang) sepertinya cocok buat para Indonesian Youth Reader yang doyan mengubah – ubah bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi bahasa gaul yang hampir tiap saat memunculkan kata-kata baru.

Uraian yang cerdas dan mengutip beberapa tokoh dunia yang sukses dalam bidangnya menjadikan buku ini menginspirasi bagi siapa saja yang membacanya. Walaupun isi dan tulisannya masih berupa rangkuman dari beberapa tulisan dari penulis pendahulu, tapi setidaknya bisa untuk merefresh kita kala motivasi berkarya kira mulai melempem ditelan kesibukan rutin yang bikin kita kehilangan arah dalam hidup kita.

Selamat membaca !!

(afitchan Bandung, 9th May 2009).

Import blog dari Blogger ke WordPress

Dear Temans,
Kayaknya daku mau serius di wordpress ni :). Daku newbie sebagai blogger. Ceritanya gini, daku punya weblog di blogspot.com. Nah, rencananya daku mau import tuch semua coretan-coretan lalu n dipindahahin ke wordpress-ku ini. So, daku udah coba “import blog” di tool-nya wordpress. Nah, pas Authorization si google gak kenalin ID ku, padahal daku sudah log in pake ID gmail yang link ke blogspot.com. Katanya si google ” your wordpress havent registered” huhuhu..anyone wanna share ideas, tricks n tips?? very welcome..Thank you

Unemployment : Ga jadi…:)

Susah mengatakannya, tapi begitulah kenyataannya. Pengacara; Pengangguran Banyak Acara. Well, in fact I havent fully activated yet as a full- employee in my office. So, pada akhirnya begitulah label “unemployment” selalu disematkan. Kenapa begitu?? Sebenernya tidak terlalu stress juga mendengarnya, karena masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat yang bisa dilakukan di waktu senggang. Setelah fulltime study selama 2 tahun, dan belum aktif bekerja, maka waktu senggang harus dinikmati sepenuhnya. Sebelum project mapping skala 50rb seluruh Indonesia yang pastinya bikin mabok 😦 menghadang 5 tahun ke depan. Well, in terms of Job, semoga kontrak ini membuatku aman secara finansial untuk sementara. Gak takut-takut amat sih ga punya kerja?? pengennya berhenti kerja dan menikmati hidup??
Tapi?? eh kenapa..kalau begitu caranya kapan daku punya waktu memberi dan empati dengan orang lain. disitulah ladang amal kita akan terkumpul. Maka, aku tekadkan untuk menikmati bekerja.
Nah, sekarang apa ada kerjaan??
Ada, jawabku, apa saja :
– lobbying orang -orang
– cari networking
– cari orderan review buku sampe jualan malah
– outline jurnal risetku
– nge-blog
– membaca buku favorite
Lha..koq jadi banyak kerjaan gini..hohoho..
Nyatanya, aku ga “pengangguran” amat..:)